TENTANG DAN SEPUTAR SEO (Search Engine Optimization)

DUNIA BLOG 99 kali akan mengupas septar pengertian SEO (search engine optimization) yang merupakan salah satu metode untuk dapat menempati posisi yang bagus dalam hasil pencarian Google (google search engine). Tanpa perlu berpanjang kata, berikut ini adalah uraian lengkapnya  :

Definisi SEO

Dunia Blog 99SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yakni serangkaian teknik yang dilakukan untuk memperbaiki ranking/ urutan masih pencarian di search engine atau mesin pencari dengan mengoptimalkan keyword melalui meta tag. Ada 5 meta tag yang dapat dioptimalkan untuk mensukseskan upaya SEO yaitu: Title Tag, Meta Description Tag, Meta Keyword Tag, Img Alt Tag, dan Body Tag. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua teknik upaya SEO itu aman untuk website Anda. Search engine memiliki kemampuan untuk mendeteksi teknik-teknik nakal yang dipergunakan untuk menaikkan posisi hasil pencarian, teknik nakal tersebut disebut dengan Black Hat SEO.

Black Hat SEO


Black Hat SEO adalah serangkaian teknik yang dilakukan untuk mengakali sistem search engine agar sebuah website dapat menempati urutan terbaik di dalam hasil pencarian. Salah satu teknik yaitu manipulasi sebuah halaman dengan membuat Page Cloaking. Page Cloaking adalah teknik memanipulasi sebuah halaman agar terlihat berbeda di mata search engine sehingga dapat ditempatkan pada urutan atas dalam hasil pencarian. Biasanya, halaman-halaman yang mendapatkan Page Cloaking berbeda dengan halaman yang diperuntukkan bagi manusia atau pengunjung website.


Contoh dari Page Cloaking, adalah membuat banyak keyword di halaman body website. Namun agar tidak terlihat oleh pengunjung website maka keyword-keyword tersebut disamarkan dengan membuat warna yang serupa dengan warna latar website. Membuat sebuah gambar berukuran kecil yang warnanya sama dengan warna latar website. Kemudian, memasukkan banyak keyword pada bagian Img Alt Tag dan membuat link ke sebuah halaman yang dikhususkan untuk search engine, yang juga sudah diisi dengan banyak keyword.

Masih banyak teknik nakal lainnya yang bertujuan memanipulasi search engine. Meski, website Anda memperoleh urutas teratas dalam jangka waktu tertentu, namun pada akhirnya cepat atau lambat (hanya permasalahan waktu saja) search engine akan mengetahui teknik tersebut. Dan, sebagai konsekuensinya situs web Anda akan terkena ban dan terblokir selamanya sehingga tidak lagi dapat ditemukan lewat search engine tersebut.

Yang pasti kita akan pelajari adalah teknik White Hat SEO. Teknik White Hat SEO jauh lebih lambat prosesnya jika dibandingkan dengan teknik Black Hat SEO. Namun, website Anda dijamin tidak akan pernah diband dan terblokir dari index data base sebuah search engine. Bahkan, website Anda akan mendapat posisi teratas yang dapat membawa bisnis online Anda naik ke level teratas. Maka, ini berarti satu hal, yaitu KEUNTUNGAN! Nah, pada posisi ini Anda sudah menjadi Green Hat SEO karena Anda sudah memanfaatkan ilmu yang Anda kuasai untuk mencari uang.
 
White Hat SEO
 
White Hat SEO atau yang juga dikenal dengan Natural SEO adalah serangkaian teknik optimalisasi yang fokus kepada pengoptimalisasian keyword melalui meta tag, yaitu: Title Tag, Meta Description Tag, Meta Keyword Tag, Img Alt Tag, dan Body Tag.

Di samping teknik pengoptimalisasian melalui meta tag, ada teknik tambahan lainnya yaitu pembangunan backlink. Seperti pada sebutannya Natural SEO, hasil dari optimalisasi yang Anda lakukan terhadap sebuah website akan membutuhkan waktu. Karena, semua berproses wajar mengikuti ketentuan dari search engine, tidak ada paksaan atau manipulasi. Oleh karenanya, kesabaran diperlukan jika Anda ingin melakukan optimalisasi dengan maksimal. Kesabaran adalah poin utama jika Anda ingin sukses mengoptimalisasi sebuah website. Poin keduanya adalah ketelitian dan ketepatan dalam memilih dan menentukan keyword yang ingin digunakan.

Related Posts:

Get free daily email updates!

Follow us!

1 Response to "TENTANG DAN SEPUTAR SEO (Search Engine Optimization)"

  1. Penjelasan tentang search engine optimization yang cukup panjang lebar.

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan pesan komentar anda dengan sopan, No OOT, No Porno, No SARA, No Judi, No Promosi dan jangan menggunakan modus Anonimous, karena semuanya tersebut menyulitkan keberadaan blog ini.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar ........