GAPURA WRINGIN-LAWANG, PINTU MASUK KERAJAAN MAJAPAHIT ?

DUNIA BLOG 99. Gapura Wringin Lawang adalah sebuah gapura peninggalan kerajaan Majapahit abad ke-14 yang berada di kawasan desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Bangunan ini terletak tidak jauh ke Selatan dari jalan utama di Jatipasar (jalan poros Surabaya - Jogya). Dalam bahasa Jawa, Wringin Lawang berarti 'Pintu Beringin'.

Dunia Blog 99
 Gapura Candi Wringin Lawang

STRUKTUR DAN FUNGSI BANGUNAN

Gapura agung ini terbuat dari bahan bata merah dengan luas dasar 13 x 11 meter dan tinggi 15,5 meter. Diperkirakan dibangun pada abad ke-14. Gerbang ini lazim disebut bergaya candi bentar atau tipe gerbang terbelah. Gaya arsitektur seperti ini diduga muncul pada era Kerajaan Majapahit dan kini banyak ditemukan dalam arsitektur Bali. Kebanyakan sejarawan sepakat bahwa gapura ini adalah pintu masuk menuju ke suatu kompleks bangunan penting di ibu kota Kerajaan Majapahit. Dugaan mengenai fungsi asli bangunan ini mengundang banyak spekulasi, salah satu yang paling populer adalah gerbang ini diduga menjadi pintu masuk ke kediaman Mahapatih Gajah Mada.

Bisa kita bayangkan betapa megahnya candi Wringin-Lawang pada masa itu, menjulang tinggi ke angkasa, membuat berdebar setiap orang yang akan melaluinya. Hal lain yang perlu kita syukuri adalah : betapa pandainya nenek moyang kita pada masa itu, belum ada gedung-gedung pencakar langit yang dibuat, bangunan ini telah berdiri menjulang dengan tanpa penyangga-penyangga beton yang kuat seperti masa sekarang.

Marilah kita sekarang sebagai penerus warisan nenek moyang bersama berjuang mengembalikan eksistensi Indonesia di mata dunia. Bangsa kita adalah bangsa yang beradab dan berbudaya sejak dahulu kala.


Related Posts:

Get free daily email updates!

Follow us!

0 Response to "GAPURA WRINGIN-LAWANG, PINTU MASUK KERAJAAN MAJAPAHIT ?"

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan pesan komentar anda dengan sopan, No OOT, No Porno, No SARA, No Judi, No Promosi dan jangan menggunakan modus Anonimous, karena semuanya tersebut menyulitkan keberadaan blog ini.
Mohon maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar ........